TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Olahraga

Sepak Bola dan Virus Corona: Menilik Kemungkinan Ghost Game

31/03/2020 - 23:17 | Views: 33.19k
Ilustrasi - Sepak bola dan Pandemi corona (FOTO: Freepik)

my_location Fokus Berita

NKRI Lawan Corona

TIMESJEMBER, SURABAYA – Pertandingan sepak bola di Indonesia resmi ditangguhkan setidaknya sampai 29 Mei akibat pandemi virus Corona (Covid-19).

Tentunya pemberhetian liga ini membuat klub mengalami kerugian secara ekonomi.  Namun yang pasti kesehatan lebih utama ketimbang keuntungan bisnis. Mengutip dari Nana Akufo-Addo, Presiden Ghana “ekonomi bisa bangkit, nyawa tidak”.

Pemberhentian liga tak hanya dialami sepak bola Indonesia saja. Bundesliga, kasta sepak bola tertingi di Jerman juga akan ditangguhkan hingga 2 April.

Sepak-bola-dan-Pandemi-corona-2.jpg

Dikutip melalui DW, Kepala Eksekutif Liga Sepak Bola Jerman (DFL) Christian Seifert menyatakan bahwa 'ghost game' (pertandingan yang dimainkan tanpa penonton) bisa menjadi satu-satunya cara untuk melindungi beberapa klub dari kehancuran finansial.

Seifert mengatakan keputusan untuk menunda liga karena pandemi Covid-19, memiliki dampak yang sangat luar biasa terhadap sepak bola Jerman dan bisnis yang bergantung pada Bundesliga.

"Saya sadar bahwa sepakbola dipandang sebagai bisnis bernilai miliaran dolar. Ada 56.000 pekerjaan yang bergantung pada setiap hari pertandingan. Tanpa sponsor dan pendapatan TV, membuat klub dalam bahaya. Kami harus menemukan solusi untuk melanjutkan bisnis kami," ujarnya.

Sepak-bola-dan-Pandemi-corona-3.jpg

"Kesehatan karyawan memang merupakan prioritas tertinggi. Tetapi kita juga harus berjuang untuk keamanan finansial mereka," tambah Seifert.

Jika liga di Jerman tidak berlanjut sampai 2 April, ada 36 tim profesional di divisi utama dan kedua yang akan menghadapi potensi kerugian mencapai € 750 juta atau setara dengan 13 miliar rupiah. Angka tersebut didapatkan dari total pendapatan tiket yang hilang, kehilangan uang sponsor dan hak siar televisi.

Belum lagi, tidak ada liga yang memiliki asuransi terhadap pandemi seperti virus Corona (Covid-19). Beberapa liga hanya memiliki asuransi untuk menutup pertandingan sepak bola yang dibatalkan. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Ammar Ramzi (MG-235)
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Copyright © 2020 TIMES Jember
Top

search Search