TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Busana Kripik Tempe FT UM Pecahkan Rekor MURI

10/10/2019 - 19:52 | Views: 6.00k
Pemecahan rekor MURI peragaan busana pertama dengan busana dari rangkaian kripik tempe. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMESJEMBER, MALANG – Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (FT UM) berhasil memecahkan rekor MURI. Pemecahan itu tercatat atas pemrakarsa dan penyelenggara peragaan busana pertama dengan busana dari rangkaian kripik tempe.

Pemberian anugerah rekor MURI diserahkan oleh Senior Manager MURI Sri Widayati di Graha Cakrawala, UM, Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (10/10/2019).

Busana-Kripik-Tempe-2.jpg

Perwakilan MURI Senior Manager MURI Sri Widayati mencatat bahwa rekor ini adalah pertama di Indonesia. Pemberian rekor, katanya, untuk mencatat dan mendokumentasikan karya dan karsa bangsa Indonesia.

Rekor yang berkaitan dengan tempe, MURI pernah mencatatnya. Sebelumnya, pembuatan replika dinosaurus dari bahan tempe, tempe dengan varian terbanyak, dan pembuatan tempe terbesar dengan ukuran 7x10 meter.

"Itu beberapa rektor yang berkaitan dengan tempe yang pernah tercatat di rekor MURI," ujarnya.

Rekor yang diberikan atas pemecahan peragaan busana tempe ini adalah rekor yang ke 9216 di MURI.

Lebih lanjut, dia menilai keunikan dari rekor ini adalah karya busana yang dirangkai dari racikan cemilan dari bahan tempe.

Busana-Kripik-Tempe-3.jpg

Rekor ini dicatat rekor dunia. Sekitar 16 busana dengan kurang lebih 150 kg kripik tempe yang dirakit menjadi busana dan diperagakan layaknya fashion show.

Dekan Fakultas Teknik UM Prof. Dr. Marji, M.Kes memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang bergerak menciptakan karya terbaik ini.

"Ini yang ketiga kalinya. Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada pihak yang terlibat," bebernya. 

Sementara, Wakil Rektor III UM Dr. Mu’arifin, M.Pd menyatakan kebanggaannya atas pencapaian dunia ini. Ia meminta, karya-karya inovatif mahasiswa tidak berhenti di sini, tapi berlanjut dan berkembang ke depannya.

Busana kripik tempe oleh FT UM dicatat sebagai rekor dunia oleh MURI. Pemecahan rekor tersebut disambut baik dan antusias oleh para mahasiswa yang hadir menyaksikan peragaan busana kripik tempe. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang
Copyright © 2019 TIMES Jember
Top

search Search