TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Dinas Peternakan dan Perikanan Magetan Temukan Cacing Hati di Sejumlah Daging Hewan Kurban

13/08/2019 - 21:30 | Views: 8.05k
Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Dinas Peternakan dan Perikanan Magetan, Drh Santi Trisnawati saat memberikan keterangan kepada Jurnalis TIMES Indonesia. (Foto: M Kilat Adinugroho/TIMES Indonesia)

TIMESJEMBER, MAGETAN – Dinas Peternakan dan Perikanan Magetan menyebut ada temuan penyakit cacing hati di sejumlah hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah.

Hal ini diungkapkan setelah petugas terkait melakukan pemeriksaan di sejumlah wilayah di Kabupaten Magetan, Jawa Timur. "Ada temuan tapi jumlahnya sedikit," ujar Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Dinas Peternakan dan Perikanan Magetan, Drh Santi Trisnawati kepada TIMES Indonesia, Selasa (13/8/2019).

Berdasarkan data hingga saat ini, hewan kurban jenis sapi yang sudah selesai disembelih jumlahnya mencapai sekitar 6 ribu ekor. Sedangkan, yang mengalami gangguan penyakit cacing hati jika dipersentase masih kurang dari 1 persen.

"Jumlah keseluruhan belum diketahui karena masih ada daerah lain yang melakukan pemotongan hewan kurban. Dari 18 kecamatan di Kabupaten Magetan, yang selesai baru 12 kecamatan," jelas Santi.

Atas temuan tersebut, pihaknya mengimbau masyarakat agar menyisihkan daging atau jeroan hewan kurban yang terkena penyakit tersebut.

Selanjutnya, bagian yang ada penyakitnya agar di buang dengan cara dikubur. "Jadi walaupun terserang penyakit cacing hati tapi tidak semuanya rusak, dan bagian yang masih bagus bisa dikonsumsi dengan cara pengolahan yang benar," terangnya.

Sementara itu, Dinas Peternakan dan Perikanan Magetan mengaku sudah jauh hari sebelumnya memberikan sosialisasi kepada para panitia khususnya penyembelih hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah ini.

Salah satunya, mengenai cara-cara pemeriksaan daging hewan kurban terutama jeroan yang berpenyakit seperti cacing hati."Kita sudah memberikan edukasi kepada masyarakat," imbuh Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Dinas Peternakan dan Perikanan Magetan ini. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : MK Adinugroho Syaifullah
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Magetan
Copyright © 2019 TIMES Jember
Top

search Search