TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Perusahaan Siap Ganti Rugi, Polres Jember: Penyelidikan Jatuhnya Crane Tetap Jalan

13/08/2019 - 15:56 | Views: 6.43k
Kondisi bangunan warga yang tertimpa crane proyek pembangunan Gedung Kembar Unej. (FOTO: Istimewa)

TIMESJEMBER, JEMBERPolres Jember terus melakukan penyelidikan terkait jatuhnya crane proyek pembangunan gedung Integrated Laboratory for Plant and Natural Medicine dan gedung Integrated Laboratory for Health Science atau gedung kembar Universitas Jember (Unej) yang menimpa sejumlah rumah penduduk pada Senin (12/8/2019) kemarin.

Kasatreskrim Polres Jember AKP Yadwivana Jumbo Qantason mengatakan bahwa pihaknya hari ini, Selasa (13/8/2019) melakukan olah TKP (Tempat Kejadian Perkara) untuk mengumpulkan bukti dan keterangan dari saksi yang berada di lokasi kejadian.

tertimpa-crane-2.jpg

"Di situ siapa saja operatornya dan yang bertanggung jawab. Kami interogasi," kata Jumbo saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa.

Dia mengungkapkan, dari olah TKP tersebut diketahui bahwa penyebab jatuhnya crane disebabkan sling untuk menahan crane turun secara tiba-tiba. Sehingga menimpa rumah penduduk.

Kendati demikian, Jumbo belum menarik kesimpulan adanya kelalaian dalam kejadian tersebut.

"Belum bisa disimpulkan (soal ada tidaknya kelalaian, Red). Namun faktanya ada sling yang benar-benar turun. Tidak ada sling yang putus," ungkapnya.

Ditanya soal ganti rugi pihak perusahaan kontraktor, yakni PT Hutama Karya (Persero) dan PT Nidya Karya (Persero) kepada korban, Jumbo mengatakan bahwa hal tersebut telah diselesaikan secara damai atau kekeluargaan.

Namun demikian, hak tersebut tidak menghentikan proses penyelidikan pihaknya terhadap kejadian tersebut.

"Tetap akan kami selidiki untuk menemukan fakta-fakta di lapangan, seperti apa sih kejadiannya," tegas Jumbo.

Sebelumnya diberitakan bahwa sedikitnya dua rumah dan sebuah warung milik warga yang tinggal di sekitar proyek pembangunan Gedung Kembar Unej rusak parah tertimpa crane pada Senin (12/8/2019) sekitar pukul 10.30 WIB. Akibat jatuhnya crane itu seorang warga dilarikan ke RSU dr Soebandi lantaran mengalami luka-luka di bagian kepala akibat tertimpa reruntuhan rumahnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Dody Bayu Prasetyo
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Copyright © 2019 TIMES Jember
Top

search Search