TIMES Indonesia
Building - Inspiring - Positive Thinking
Berita

Lontar Jumrah, Jemaah Haji Indoensia Diimbau Taati Aturan

13/08/2019 - 13:31 | Views: 26.52k
Suasana saat di Jamarat (FOTO: Basuni For TIMES Indonesia)

TIMESJEMBER, MOJOKERTO – Hari ini, merupakan tahapan akhir bagi Jemaah Haji Indonesia yang mengambil Nafar awal untuk melakukan lempar jumrah ula, usto  dan  aqabah. Dimana, jadwal lontar jumrah ini selalu menjadi masalah serius bagi Jemaah Haji Indonesia (JHI) dalam setiap tahun pelaksanaannya.

Salah satunya, banyak dari jemaah haji menginginkan melakukan lempar jumrah pada waktu pagi atau dhuha karena mengejar afdholiyahnya. Sebab waktu itu seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW yang melontar jumrah di saat dhuha.

Akan tetapi, masalahnya tidak hanya jemaah haji Indonesia yang menginginkan lontar jumrah pada waktu tersebut. Namun, ada jutaan jemaah haji lainnya yang juga ingin melakukannya. Oleh sebab itu, dengan kondisi Mina serta jamaraat yang sangat sempit, tentu ada resiko melakukan lontar jumrah di saat tersebut.

Lontar-Jumrah-2.jpg

Menurutnya Ketua kloter 61, Kabupaten Mojokerto, Usman Sadat, dengan surat jadwal lontar jumrah yang telah ditetapkan Pemerintah Arab Saudi, dia berharap agar jemaah haji Indonesia, Khusus Kabupaten Mojokerto, mematuhi jadwal tersebut.

"Dan kita sudah sampaikan ke  jemaah bisa mempertimbangkan dan mengukur diri dan bisa menghitung situasi agar mencegah kemudharatan yang cukup besar," katanya kepada TIMES Indonesia.

Pasalnya, lanjut dia, lontar jumrah yang dilakukan bukan di waktu utama, tidak akan mengurangi keabsahan ibadah haji seseorang. "Tetap sah, karena pertama adalah demi menjaga keamanan seluruh jemaah haji Indoensia, kedua tentu pembagian waktu-waktu itu telah mempertimbangkan hukum-hukum secara syar'i," pungkasnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Jurnalis : Moh Ramli (MG-198)
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Mojokerto
Copyright © 2019 TIMES Jember
Top

search Search